Terminologi dan Segitiga Penyakit

Segitiga Penyakit Tanaman
Tanimedia ~ Dari sudut biologi, penyakit adalah penyimpangan dari sifat normal yg menyebabkan tumbuhan atau bagian tumbuhan tidak dapat melakukan kegiatan fisiologinya dengan normal. Sedangkan dari sudut ekonomi, penyakit adalah Ketidakmampuan tumbuhan untuk memberikan hasil yang cukup, baik dari kuantitas maupun kualitasnya.

Penyakit yang Menguntungkan
Ada beberapa penyakit yang justru memberikan keuntungan dalam kegiatan budidaya. Penyakit ini contohnya bunga tulip yang terserang virus tertentu akan memiliki mahkota yang belang-belang warna warni, namun dengan terserangnya bunga tulip tersebut justri mambuat harganya semakin tinggi (sudut I tan disebut sakit, sudut ke 2 malah menguntungkan). Kemudian buah kecipir muda yang terserang Synchitium psophocarpi (karat palsu) tidak dianggap sakit karena lebih rapuh, berair, manis.

Penyebab Timbulnya Penyakit pada Tanaman
Penyakit pada tanaman dapat timbul apabila faktor-faktor pendukungnya tersedia dengan baik. Faktor tersebut dalam bahasa pertanian disebut dengan istilah "Segitiga Penyakit". Segitiga penyakit terdiri dari 3 faktor yakni:

1. Tanaman
Tanaman yang tidak mempunyai kekebalan dan kemampuan untuk menahan pengaruh patogen penyebab penyakit merupakan faktor pertama yang akan mendukung timbulnya penyakit.

2. Patogen
Adanya patogen yang mampu menimbulkan penyakit yang berat (virulen). Istilah patogen berasal dari bahasa Yunani Pathos berarti menderita atau iritasi (irritation) dan Genesis berarti asal. Cara patogen  mengambil makanan dibagi menjadi 2 yakni parasit adalah jasad yg mengambil sebagian atau seluruh makanannya dari jaringan hidup dan saprofit adalah jasad yg mengambil makanan yg diperlukannya dari jaringan yang sudah mati.

3. Lingkungan
Adanya lingkungan yang mendukung pertumbuhan patogen dalam menyerang tanaman.